Fitur ini bisa menghentikan laju mobil dalam kecepatan rendah sekitar 30 km per jam meski si pengendara tidak menginjak pedal rem. Sangat praktis ketika pengendara mobil tengah 'meleng' atau tidak melihat ada mobil lain.
Rem otomatis sebenarnya mulai berkembang di 2011 lalu, Volkswagen mengenal sistem ini dengan nama Volkswagen City Emergency Brake, atauFord dengan Active City Stopnya di Ford Focus, Mazda dengan Smart City Brake Support (SCBS) System di Mazda6, Volvo dengan City Safety.
Yang terbaru adalah dari Honda. Honda mengembangkan City-Brake Active System. Sistem pelindungan ini merupakan salah satu bagian dari sistem keamanan Honda baru yang diberi nama sementara "Safety Package'.
"Safety Package" akan diadopsi pada All New Honda Jazz yang akan diluncurkan di Jepang tahun ini.
Seperti halnya fitur ngerem otomatis lainnya, City-Brake Active System akan memberi tahu pengendara lewat pesan audio dan visual jika ada ancaman tabrakan di depan. Jika pengendara masih tidak ngeh dengan risiko itu, mobil akan mengambil alih dan sistem akan mengerem secara otomatis.
Tidak cuma mengerem otomatis, City-Brake Active System juga memiliki fitur yang mencegah gangguan saat mobil dinyalakan.
Misalnya, saat mobil melaju pada kecepatan sekitar 10 km per jam, ketika sistem merasa si pengemudi menginjak pedal terlalu dalam karena misalnya salah injak pedal antara rem gas, pengendara akan menerima peringatan audio dan visual. Sistem pun akan mengurangi tenaga mesin untuk mencegah mobil melaju.
Sumber : Dadan Kuswaraharja - detikOto
Posting Komentar